CARA MEMAKSIMALKAN FUNGSI GOOGLE WEBMASTER

Memaksimalkan Fungsi Google Webmaster Tools adalah merupakan kunci utama dalam upaya meraih keberhasilan atau kesuksesan dalam rangka pengelolaan blog agar dapat nangkring di halaman utama Google search engine. Tidak cukup hanya penerapan teknik-teknik SEO pada template dan meta blog saja, tetapi settingan pada Google Webmaster tools ini juga sangat berpengaruh besar dalam keberhasilan ber-blogging, hal mana Google Webmaster tools ini dapat membantu menjalankan fungsi pemaksimalkan proses indexing dan crawling blog terhadap mesin pencari (search engine). Karena kita ada pada kekuasaan Google, maka kita perlu mengetahui  rahasia-rahasia yang ada pada Google Webmater tools ini.

Dalam rangka memaksimalkan fungsi Google Webmaster tools ini, setidaknya terdapat 2 (dua) langkah utama yang penting serta wajib untuk dilaksanakan bagi semua pemilik website/blog. Langkah yang pertama adalah dengan membuat format feed pada sitemap serta men-submitenya ke Google search engine. Langkah yang kedua adalah melakukan proses site-verification, yang mana hal ini berguna bagi kelangsungan hidup atau keberadaan website/blog yang kita miliki.

Membuat format feed pada sitemap


Salah satu cara memudahkan spider Google mengindex halaman-halaman yang ada pada website/blog yang kita miliki yaitu dengan mengarahkannya melalui sitemaps. Untuk mempermudah dalam membuat sitemaps gunakan jasa sitemaps generator khusus blogspot. Atau format standar feed Atom.xml. dan siapkan juga format cadangan feed yaitu :



rss.xml

feeds/posts/default

feeds/posts/default?alt=rss

/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500


Lakukan site verification


Site verification dilakukan dengan memasang Google meta tag verification pada website/blog kita, yang mana hal ini di lakukan sebagai bukti bahwa kita telah mendaftar pada mesin pencari Google serta befungsi untuk mempercepat kerja spider Google. Dan jangan sampai terjadi duplikat meta tag verification karena Google tidak suka itu mubazir. Untuk perlu dipasang script anti duplikat kontent yang akan dibahas secara tersendiri.
 
 

Google akan memberikan cara memverifikasi meta-tag ke blog yang kita miliki,  pilih secara manual copy paste kode tersebut dan letakkan dalam blog, letakkan dibawah <head> sebelum </head>. Deskripsi verifikasi Google meta-tag biasanya memiliki format seperti berikut ini :
 

<meta content='f56TNMt8R79a76xUevyy1axgZJCLsWwyhGlo73QfEnE' name='googlesite-verification'/>



Fasilitas Google Webmaster ini langsung dapat diakses bilamana kita masuk ke website Google Webmaster Tools dengan mempergunakan alamat g-mail yang telah kita miliki.

Demikianlah ulasan singkat ini, semoga bermanfaat.

5 komentar:

  • CHORD DIGITAL berkata :
    1 Mei 2012 07.46

    Google Webmaster, sebuah tool yang mantap demi perkembangan blog.

  • Wah..dapat info baru disini sob,thanks

  • ARTIS17845 berkata :
    10 Juli 2012 09.17

    To all my quest : Terima kasih atas atensi anda pada blog yang sederhana ini. Salam blogger persahabatan.

  • Terjemahan Lirik Lagu Barat berkata :
    21 Januari 2013 20.49

    saya udah nyoba nih... nice share

  • winarshop berkata :
    26 Januari 2014 18.26

    sudah saya lakukan semua nunggu hasil na hehehhe
    www.winarshop.com

Posting Komentar