ARTIS : MENAIKKAN GOOGLE PAGERANK

Blog ARTIS, kali ini akan berbagi sedikit pengalaman perihal menaikkan Google Page Rank dari blog yang kita miliki. Menaikkan Google Page Rank versi blog ARTIS ini adalah murni berdasarkan hasil pengalaman mengelola beberapa blog lain. Perlu kiranya untuk diketahui bahwa indikator penentuan Google Page Rank ini masih sangatlah sumir dan sulit untuk ditentukan secara matematis.

Banyak blog/webmaster telah membahas cara menaikkan Google Page Rank ini, namun dari sisi hasil upaya-upaya tersebut masih sangatlah sulit untuk diprediksi. Saya yakin orisinalitas artikel atau postingan blog sepertinya memegang peranan penting dalam mendongkrak Google Page Rank tersebut.

Berikut ini akan sedikit saya uraikan perihal upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mendongkrak Google Page Rank tersebut  :

1. Membuat posting yang relevan dengan judul atau thema blog
Posting atau artikel blog pada dasarnya merupakan komponen utama dan terpenting bagi keberadaan suatu blog/situs/website, oleh karenanya posting atau artikel yang relevan sudah barang tentu menjadi syarat utama keberadaan suatu blog atau website. Artinya : bilamana kita memiliki blog atau website yang kita rancang untuk menjual sesuatu barang atau produk, hendaknya memiliki 80 % konten yang berisi tentang barang atau produk yang kita jual tersebut. Sedangkan yang sisanya dapat kita isi dengan artikel-artikel atau postingan yang berthema lain (agar blog kita tersebut dapat bersifat dinamis dan tidak monoton).

2. Tukar Link atau Link Exchange dengan sesama blogger
Metode tukar-menukar link-blog atau yang lebih familiar dengan sebutan link-exchange hingga saat ini masih dipandang sebagai suatu senjata yang cukup ampuh dalam rangka meraih atau mengumpulkan backlink dari website/blog-blog lain, utamanya website/blog-blog yang sudah terkenal serta memiliki kredibilitas tinggi (dalam arti memiliki page rank dan alexa rank yang bagus atau tinggi).

3. Membuat backlink berkualitas dengan memanfaat Dummy Blog
Dummy Blog pada dasarnya adalah merupakan sebuah blog pendukung yang sengaja dibuat untuk proses berternak link (link-farm) bagi blog utama. Metode pembuatan Dummy Blog ini sama persis dengan kita membuat blog utama, hanya perbedaannya terletak pada artikel atau postingan-postingannya yang lebih banyak berisi anchor-text link postingan yang terdapat pada blog utama.

4. Jangan sering melakukan penggantian template blog
Sebagai seorang blogger kita tentunya berkeinginan untuk memiliki sebuah blog yang mampu tampil maksimal dalam artian mampu tampil profesional atau paling tidak lebih bagus dari blog-blog lainnya. Dalam kerangka pola pemikiran yang demikian ini, salah satu upaya paling singkat dan mudah adalah dengan cara mengganti template blog. Pergantian template blog ini tidak selamanya membawa dampak yang positip bagi keberadaan blog yang kita miliki. Sebagai suatu contoh, saya pernah mengganti template blog yang telah memiliki pagerank blog #3, namun begitu saya mengganti dengan template yang lebih bagus, besoknya pagerank blog langsung jatuh menjadi page rank #2. Upaya bijaksana untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara memaksimalkan template blog yang ada agar lebih SEO Friendly.

5. Lakukan update blog secara berkala
Melakukan update blog secara berkala dan sistematis dapat berdampak positip terhadap keberadaan blog yang kita miliki, hal ini telah saya praktekkan pada blog CARA GAMPANG. Hasil dari update berkala ini dapat anda rasakan langsung saat anda melakukan proses compare blog yang mana akan terlihat semakin banyak unique-visitor yang menuju ke blog anda. Hasil lainnya adalah Goggle akan menganggap blog anda sebagai suatu blog yang dinamis dan bukan hanya sebagai Dummy Blog (blog farm) belaka.

6. Berkomentar pada blog-blog do-follow
Metode meninggalkan komentar pada blog-blog do-follow akan berdampak positip terhadap perolehan backlink blog yang anda miliki. Saya sering mempraktekkan cara ini, disamping sebagai ajang silahturahmi kepada pemilik blog (lain) tersebut, juga dalam rangka untuk menanamkan link artikel blog yang saya miliki untuk menambah koleksi backlink blog.

7. Ubah disain atau tampilan blog anda menjadi lebih dinamis-profesional
Mengubah disain atau tampilan blog agar mampu tampil dinamis-profesional tidak berarti kita menambah widget-widget yang tidak terlalu berfungsi atau malah membuat tampilan blog kita menjadi membingungkan para visitor. Disainlah blog anda sehingga dapat menjadi lebih sistematis, dinamis, profesional (menghilangkan kesan blog gratisan) dan menyenangkan.

Kiranya cukup sampai di sini dulu uraian saya tentang Cara Menaikkan Google Pagerank, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  • Tahirkz Nursing berkata :
    5 Juli 2012 00.06

    info yang menarik,, akan segera dipraktekan..

  • ARTIS17845 berkata :
    10 Juli 2012 09.02

    Terima kasih atas kehadiran anda di blog aku yang sederhana ini.

Posting Komentar